Blog ini...

sering gonta-ganti templete dan berisi cerita penting nggak penting saat terkena atau tidak terkena badai hormonal

Jumat, 08 Januari 2010

Dongeng




Jaman masih kecil, saya benci jika disuruh tidur siang. Dibanding tidur, saya lebih suka main bersama teman-teman. Tapi ibu selalu menyuruh saya tidur supaya nanti malam tidak mengantuk saat harus mengerjakan PR dan membaca buku pelajaran. Jika ibu sedang ada di rumah, saat tidur siang menjadi keharusan. Ketika digiring ke tempat tidur saya masih cemberut, tapi cemberut itu akan hilang saat ibu mulai mendongeng.

Dongeng favorit saya apa ya...hem, rasanya semua dongeng saya suka. Pasti semua anak pernah mendengar dongeng Si Kancil kan. Meski ini bukan dongen favorit, tapi saya salut pada pengarangnya yang bisa menyampaikan pesan moral tentang keburukan mencuri. Selain itu, dia juga berhasil menanamkan label buruk pada binatang berjudul kancil itu. Hehe...sampai-sampai saya keseeeellll banget sama si kancil ini, dan penasaran pengen tahu seperti apa sih rupa si kancil yang cerdik tapi menyebalkan itu. Beruntunglah saya, karena rasa kepenasaranan itu terobati saat praktek lapang di pelosok Kalimantan Timur sana, akhirnya saya bisa bertatap muka dengannya. Hoo..ternyata dia tidak terlalu menyebalkan kok.

Selain itu, ada banyak kisah dongeng yang rajin dituturkan ibu hampir setiap menjelang tidur. Jaka Tarub, Dewi Sri, Lutung Kasarung, Ajisaka, Hanoman, Legenda Tangkuban Perahu, Malin Kundang, Suku Bajau, Pangeran Kecubung, Cinderella, Putri Tidur, Kura-kura Berlomba Lari, hem...dan masih banyak lainnya. Pasti Sahabat tidak asing kan dengan dongeng-dongeng itu. Sebagian memang cerita rakyat, sebagian lagi diambil dari buku cerita anak oleh ibu saya. Dongeng anak memang sebagian besar fiktif belaka, tetapi ada moral of story di setiap ceritanya. Ibu saya akan dengan gamblang menjelaskan apa saja yang bisa diambil hikmah dari dongeng itu, sekalian menjelaskan mana yang fiktif mana yang nyata. Supaya anak-anaknya tidak dibodohi oleh khayalannya sendiri.



Cinderella


Kata ibu saya, aktivitas bed time stories ini bagus untuk pendidikan anak. Anak dilatih untuk mendengar. Mario Teguh mengatakan bahwa, pekerjaan mendengar adalah pekerjaan hati yang bisa melahirkan kebijakan, sementara berbicara adalah pekerjaan mulut yang kadang malah bisa membahayakan diri sendiri. Beberapa orang lebih suka didengar daripada mendengar, hal ini bisa menimbulkan kecenderungan pada sikap tidak bisa menerima pendapat orang lain alias suka memaksakan kehendak. How bad it is...

Bed time stories, juga bermanfaat untuk melatih otak anak aktif berpikir. Tentunya akan ada banyak hal dalam cerita yang memancing rasa kepenasaran anak. Nah, setelah dongeng selesai dibacakan, biasanya anak akan bertanya hal-hal yang ingin diketahuinya lalu ibu akan menjelaskannya. Jika tidak puas, anak bisa bertanya lagi. Tanpa sengaja anak telah belajar berdiskusi. Komunikasi dua arah inilah yang bagus untuk melatih otak anak. Kalau kata saya, diskusi itu olah raga otak. Nah, kalau debat itu, marathon otak. Keduanya memang bikin otak sehat, tapi juga capek. Bisa langsung tuing-tuing...muncul bintang-bintang. Hem, kalau masih anak-anak cukuplah diskusi saja. Kasihan kalau sampai tuing-tuing.

Nah, bapak-bapak, ibu-ibu, kakak-kakak, mbak-mbak, mas-mas, ada yang bingung mencari sumber bacaan untuk dongeng ? Selain berasal dari cerita rakyat, buku-buku bacaan anak, bisa juga nih cari dongeng di sini. Dongengnya bisa langsung didengarkan di sana. Pemilik blog, yang akrab dipanggil Mbah Ngasmuni, memiliki inisiatif untuk membuat blog ini sebagai sarana bertukar dongeng dengan para orang tua. Hasilnya, hem...sudah lumayan banyak dongeng yang diupload di sana. Jika Sahabat ada yang berminat, bisa loh mengirim materi dongeng di sana, bisa berupa rekaman suara ataupun tulisan. Kalau saya, masih jadi peserta pasif yang suka mendengar dongeng-dongeng yang ada di sana. Hitung-hitung buat bekal nanti kalau sudah jadi ibu. 





Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

23 komentar: on "Dongeng"

mocca_chi mengatakan...

kalau aku paling doyan dongeng tentang peri,dan notabene pasti dekat sama putri putri atau gadis feminim lainnya. tetapi biaanya ak lbh tertairk pd ceritanya daripada pesan morlanya heheheee

Elsa mengatakan...

kalo aku... dulu waktu kecil, didongengin ketika mau tidur malam. Abah yang mendongeng cerita para nabi dan keluarganya, dan sahabatnya...

memang iya, ternyata mendongeng untuk anak kecil itu penting sekali.

Latifah Hizboel mengatakan...

Kalo saya paling suka dongeng dari ibuku tentang kandang kuya dan kandang monyet,ibuku ngarang aja ceritanya,Tentang persabatan dalam cerita itu.Dan sangat bagus pengaruh dongeng itu untuk anak.

bang ciwir mengatakan...

joko tarub, sekarang wis angel mencari dongeng klasik jaman kecil dulu.
komiknya saja dah nggak banyak yang jual

Henny Y.Wijaya mengatakan...

henny belum pernah dengar cerita tentang hanoman. Bisa didownload juga gitu mbak?

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Ayah dulu waktu kecil suka dongeng untuk saya sebelum tidur,....
Sekarang saya berupaya mencontoh almarhum untuk membuat pesan moral disetiap dongeng yang saya ceritakan buat anak saya sebelum tidur...

Lina mengatakan...

mocca_chi ;
hem...pasti suka cerita juga putri salju

Elsa :
wah...dongengnya yang bermanfaat. kisah nabi dan sahabat...

Latifah Hizboel :
ibunya kreatif, teh. pasti dongengnya beragam ya.senangnya...

bang ciwir :
iya, mungkin harus menjelajah toko buku loak ya..

Henny Y.Wijaya :
itu penggalan kisah ramayana henn. hem, kalau didownload kayae belum bisa yak.

Seti@wan Dirgant@Ra :
sepakat, Pak. pasti anandanya senang dapat dongeng dari ayahnya sebelum tidur. Pesan moral itu penting untuk membantu membentuk karakter juga ya.

mira mengatakan...

kalo aku ga didongengin. waktu udah TK dibeliin buku2 cerita ana kayak cinderella, snow white, putriaurora, dll trus disuruh baca sendiri..

Sudino Dinoe mengatakan...

Dongeng memang bagus membantu imajinasi anak...thanks atas info situs dongengnya

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

kalo saya suka kisah puteri salju.mama suka dongeng tuh wkt masih kecil.

Lina Gustina mengatakan...

Bagus banget nih, pasti saya berkunjung ke situs dongengnya, terima kasih...

Aditya's Blogsphere mengatakan...

dongeng yang paling aku sukai adalah rapunzell.....ada lagi...push in boot dan peterpan......asyik bgt klo bisa hidup di negeri mereka.....

anyin mengatakan...

iya mbak itung2 bekal buat jadi ibu.. kalau saya dulunya selalu maksain orang2 ngedongeng pas saya mau bobo, atau juga bacain macem2 buku ehehehe

Lina mengatakan...

mira :
biarpun dah bisa baca, saya tetep minta didongengin loh mir. hehe...lebih gimana gituu...

Sudino Dinoe :
sama-sama

Sang Cerpenis bercerita ;
putri salju yang berhati seputih salju ya mbak...

Lina Gustina :
buat sang buah hati mbak

Aditya's Blogsphere :
rapunzel yang mana sih dit ? hem, sama nih khayalannya, pengen ke negeri dongeng juga

anyin :
iya nyin, bekal jadi ibu. hehehe,kok sama sih. aku juga maksaaaaain

hari Lazuardi mengatakan...

Senangnya bisa bertatap muka dengan kancil, sempat foto bareng ga Lin.. hehe..
Bekal nanti kalau sudah jadi Ibu..
hmm..
calon Ibu yang baik, sudah memikirkan jauh-jauh hari..

Dhe mengatakan...

Wah... Jadi tringat dongeng2 masa kecil lagi ama almh nenek :D

Pohonku Sepi Sendiri mengatakan...

dongeng ya.. hmm, jadi ingat dulu diperdengarkan padaku kisah2 pewayangan dan nabi2.. hehe..

kisahanak mengatakan...

Terima kasih banget sudah dipromosikan di sini :) Sudah lama belum sempat ndongeng lagi di sana, katanya mau ikut nyumbang ? :P

Sekali lagi terimakasih ya :)

mastein mengatakan...

wogh, simbah punya rumah dongeng juga tho. saya dari dulu pengen mbacain dongeng buat anak saya, tapi sampe sekarang blom kesampean. wong anak saya juga ndak sabaran, maunya megang buku sendiri, main balik-balik sendiri

Lina mengatakan...

hari Lazuardi :
wah...lupa nggak poto bareng.

Dhe ;
dongengnya apa aja Dhe

Pohonku Sepi Sendiri :
aku juga pengen kisah pewayangan, Pohon. tapi ibuku banyak yang nggak mudeng.

kisahanak :
belum berani nyumbang mbah, hehehe

mastein ;
hehehe...aktif rupanya ya. dibaca sendiri. kapan-kapan kalau dia males baca aja, baru didongengin

obat herbal lupus mengatakan...

kunjungan siang gan

silviani mengatakan...

ikut menyimak gan

obat tradisional jantung koroner mengatakan...

artikel dongengnya menarik gan

Posting Komentar

Ingin berbagi opini, atau saran, atau kritik, atau nasehat....silakan sampaikan di sini. Terima kasih atas apresiasinya. Salam hangat selalu dari Lina. Oya, untuk lebih memudahkan berkomentar, gunakan Opera ya.