Blog ini...

sering gonta-ganti templete dan berisi cerita penting nggak penting saat terkena atau tidak terkena badai hormonal

Sabtu, 09 Januari 2010

Stomatitis





Selera makan berkurang, malas ngomong apalagi senyum-senyum manis. Bukan, bukan karena sedang patah hati, atau sedang bokek. Tapi karena bercak mungil di bagian mulut. Mungil tapi perih, apalagi kalau tersenggol makanan pedes atau kecut. Mata berair tanpa dipaksa. Menangis seperti gadis belia ditinggal pergi kekasih hati. Lebay deh ah. 
Kata orang medis saya ini kena stomatitis alias sariawan. Ini termasuk penyakit langganan saya. Rasanya sering deh kena sariawan. Sepele memang, lha wong cuma sariawan. Bukan termasuk penyakit yang bisa dijadikan buat alasan bolos sekolah atau kerja. Tapi, kesellllllll banget kalau sampai menderita ini. Perih banget. Nah, mulai lebay lagi.
Apa dosa dan salah saya, sampai terkena penyakit itu ? Lah, kok mulai lebay nih. Wajar dong, saya kan sariawan. Lho, memang begitu efek orang sariawan ? Hem, rasa-rasanya nih, salah saya cuma satu deh, kenapa pas makan bagian dalam mulut ikut dikunyah ! Lauknya kurang ya, sampai harus gigit mulut sendiri ?! Lalu dosa saya apa ? Banyak, nggak usah disebut satu-satu. Pastinya karena sering ngomongin orang tuh. Jadi sariawan kan.
Hoho, itulah penyebab sariawan versi saya. Tapi kalau menurut situs yang pinter ini, sariawan dapat disebabkan oleh :
1.       kebersihan mulut yang buruk
2.       pemasangan gigi palsu
3.       luka pada mulut karena makanan atau minuman yang terlalu panas dan tergigit saat makan
4.       alergi atau infeksi yang disebabkan makanan yang terlalu pedas atau asam
5.       faktor psikologis (emosi dan stres)
6.       kekurangan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh
7.       kekurangan vitamin B serta zat besi
8.       kelebihan konsumsi makanan yang asam-asam, seperti jeruk dan kawan-kawannya
9.       kita terlalu semangat menggosok gigi, sehingga melukai bagian mulut dan gusi
10.   gangguan hormonal (seperti sebelum atau sesudah menstruasi)
11.   menurunnya kekebalan tubuh (paska sakit atau stres)
12.   infeksi oleh mikroorganisme.
Kemarin suami sempat kaget saat meraba kening saya. Kok demam. Hoo, saya sih menanggapi sambil lalu. Bukan demam, mungkin. Setelah browsing saya baru ngeh, kalau ternyata sariawan bisa menimbulkan demam. Sebegitunya ya ? Nah, yang lebih bikin paranoid, ada yang menyebutkan bahwa bila sariawan tidak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter, karena hal itu dapat menjadi gejala awal adanya kanker mulut. Haduh….
Terus obatnya apa ? Well, well, banyak obat sariawan yang bisa diperoleh di apotek. Jenisnya beragam, dari mulai tablet hisap, obat tetes, obat kumur, salep, serbuk, sampai dalam bentuk cairan. Tapi, dari beberapa jenis yang pernah saya coba kok nggak terlalu manjur ya. Malah memperparah. Saya sih pengennya sehari pakai obat langsung sembuh (mana ada, coba).Sebenarnya sariawan bisa sembuh dengan sendirinya setelah dua minggu asik menyiksa kita. Jangka waktu dua minggu itu sesuai dengan jangka waktu recovery sel-sel baru. Jadi kalau sabar, tunggu saja sampai dua minggu. Kalau lebih dari itu, sebaiknya segera datang ke dokter mulut dan gigi.
Nah ini saya ketemu beberapa alternatif obat tradisional untuk sariawan dari hasil browsing, tapi saya belum mencoba semuanya, jadi belum membuktikan khasiatnya. Tapi katanya sih manjur. Ini dia :
1.       Daun Saga
2.       Daun sirih, direbus dengan garam. Setelah itu digunakan untuk kumur
3.       Madu, ada yang bilang dicampur susu.
4.       Getah jarak dioles di bagian yang sakit, sehari tiga kali
5.       Akar alang-alang, (nggak tau diapain)
6.       Menikah. Halah…hubungannya apa yak.
Sariawan bisa dicegah dengan cara rajin mengkonsumsi buah dan sayur terutama yang mengandung vitamin B, vitamin C dan zat besi. Saya termasuk rajin makan sayur dan buah, kenapa tetap sariawan hayo ?!  Halah…malah protes. Hem, bisa jadi sih memang kekebalan tubuh saya sedang tidak bagus atau karena saya banyak dosa ? Hehehe…., mungkin jawabannya yang kedua. Jadi obatnya segeralah bertobat.




Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

29 komentar: on "Stomatitis"

desieria mengatakan...

Aku juga sering sariawan nih Lina...
gara-gara jarang makan buah hehe

Bill Belajar SEO mengatakan...

daun saga sangat manjur. dikunyah mentah2 lalu airnya dibasahkan ke area sariawan. pagi dilakukan, siangnya pasti udah lupa klo tadi pagi masih sariawan.

cuma, baunya itu lho yg gak nahan...

hari Lazuardi mengatakan...

kalau aku sariawan banyak makan jeyuk dan VIT C..

Elsa mengatakan...

banyak banyak makan sambel atau cabe Jeng...
karena cabai mengandung vitamin C dosis tinggi. hehehe

QueeniieAngeLa mengatakan...

alhamdulillah saya adalah orang yang jarang terkena sariawan. sebagai gantinya saya orang yang sering terkena faringitis alias radang tenggorokan. entah kenapa faring saya terlalu sensitif pada makanan pedas, goreng2an dan dingin. tapi meskipun begitu, saya tetap nekat. hahahhaa.

semoga lekas sembuh, lina....

yanuar catur rastafara mengatakan...

ealah,ternyata stomatitis ini artinya sariawan tho
hehehee
baru tahu aku
hehehe

Pohonku Sepi Sendiri mengatakan...

yup, kl aku larinya ke vit c.. eh, mungkin 'nginang' pake sirsih bisa jadiin alternatif obatnyaa loh, kan sirih penuh antiibiotik.. cucok lagi kl buat perempuan.. hihihi..

Sudino Dinoe mengatakan...

Ya..benar mbak..sariawan sangat mengganggu....btw makasih sharingnya...disave dulu buat jaga-jaga

Latifah Hizboel mengatakan...

Kalo obat sariawan itu menikah ,wah...resep mantap ala mba Lina tuh hehe.

* Sama mba aku juga kerjaannya sariawan.Kalo saya obatin dengan albothil,langsung sembuh...silakan deh dicoba mba.

mocca_chi mengatakan...

resep manjur ala ibu saya kalau sariawan, rendam perut di air dingin, rajin rajin aja. dijamin sariawan ilang, tpi ingat, abis itu selimutan. musim ujan soale, dinginn

The Master mengatakan...

itu namanya carilawan...eh sariawan gitu, gampang bgt minum vit c juga beres

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

kecapean tuh, LIn. byk minum aja. makan buah pepaya juga bagus.

Etha mengatakan...

etha juga sering sariawan ...
klo stress sariawan ...
klo mau menstruasi sariawan ...

hihihi...pengakit bawaan dari kecil,, ampe dah biasa skrg :D

yuu mengatakan...

Saya? Ada 2 cara:

#1. Dibiarin. Biarkan alam yg menyembuhkan. *apa sih*
#2. Hajar pake albot*l!! Dijamin nyengir sakit bahkan nangis.(lebaydotkom)

Dhe mengatakan...

daku sariawan sepanjang tahun... krn mang kkurangan vit c stadium ntah berapa.. tp dengan info ne dhe coba pake daun2 itu lah.. mana taun bisa sembuh, ya kan?? ;D

nulis cerpen mengatakan...

bukanya dengan menikah terus ciuman kegigit juga sumber sariawan?

kosong mengatakan...

makasih infonya pengen nyoba tapi males sakit

anyin mengatakan...

albotyl lebih cepet sembuh mbak..

hack87 mengatakan...

ternyata ada penyakit langganan juga ya..hihihi :)

Aditya's Blogsphere mengatakan...

Maaf lama ga bwe nih....apa kabar?

Muhammad Dadan Suryana mengatakan...

Mungkin juga karna pergantian cuaca. Kalo jadi tanda-tanda kangker mulut serem juga ya.
O ya Lin maksud saya adalah Nama dan Url yang ada di kotak komen.
Coz saya sering bales komennya lewat warnet. Dan kalo buka akunnya di sini agak riskan. Sebab kadang susah nutupnya aau bhkan lupa. Trims

Lina mengatakan...

desieria :
makan buah dung dess

Bill Belajar SEO :
jadi makin penasaran sama daun saga. hem, baunya nggak enak ?

hari Lazuardi :
huah...ini dah makan jeruk dan vit c kok tetep sariawan ya ? huahhhh

Elsa :
ho iya, makan cabe ya mbak. hem, sayang pedes. hehe

QueeniieAngeLa :
kalau gitu harus menjaga makanan banget ya Quin. Semoga nggak kambuh terus ya. Alhamdulillah ini sudah sembuh sih

yanuar catur rastafara :
sama. hehe. ini juga baru tahu berkat browsing.

Pohonku Sepi Sendiri :
bener, Pohon. sirih bagus untuk menjaga kebersihan mulut. wah..jadi pengen nginang deh

Sudino Dinoe :
periiiiiiih

Latifah Hizboel :
hehe, itu resep ngawur teh.
abothyl ya teh. kemarin di toko terdekat nggak dapet abothyl. dapetnya obat cina. alhamdulillah manjur.

mocca_chi :
resep baru nih chi, terima kasih ya. iya, lagi musim dingin euy...

The Master :
udah minummm

Sang Cerpenis bercerita :
wah, makasih ya mbak sarannya. he eh, kayanya kecapekan ya.

Etha :
wah etha, senasib kita. semoga tahun ini kita dihindarkan dari serangan sariawan yang bertubi-tubi. halah...

yuu :
kalau dibiarin lama sembuhnya, kalau pake abothyl cepet sembuh, tapi perih. halah..jadi pilih yang mana yak ????

Dhe :
wah, jangan2 saya juga kekurangan vit c stadium lanjut...

nulis cerpen :
jangan sampe kegigit kalau gitu... hehe

kosong :
samaaaa, males sakitnya itu.

anyin :
wah, semakin banyak yang vote untuk abothyl. berarti emang manjur ya nyin..

hack87 :
iya, nggak cuma koran yang jadi langganan

Aditya's Blogsphere :
hai Adit, baik..kok. sibuk ya ?

Muhammad Dadan Suryana :
bisa jadi karena pergantian cuaca.
btw, nggak dihapus juga kok Bang. saya jadi bingung juga. hehe..apa yang salah ya ?

rayyaa mengatakan...

coba sering2 makan buah tomat mba,, ^^

InsyaAllah bibir atau lidah yang kegigit saat makan,, langsung kering dan ga berkelanjutan jadi sariawan.. InsyaAllah buah tomat juga banyak khasiatnya...
**lebih baik mencegah daripada mengobati,, ya kan.. ;)

Lina mengatakan...

rayyaa :
wah..rayyaa, makasih ya resepnya ini. insyaallah langsung diinget. alhamdulillah sekarang saya sudah sembuh. tapi baik juga ya untuk selalu siap sedia buah tomat.

silviani mengatakan...

banyak minum kurangi makan" pedas

Posting Komentar

Ingin berbagi opini, atau saran, atau kritik, atau nasehat....silakan sampaikan di sini. Terima kasih atas apresiasinya. Salam hangat selalu dari Lina. Oya, untuk lebih memudahkan berkomentar, gunakan Opera ya.