Blog ini...

sering gonta-ganti templete dan berisi cerita penting nggak penting saat terkena atau tidak terkena badai hormonal

Jumat, 30 Oktober 2009

Awet Muda



"Beauty is pain, na." Seorang teman mengingatkan. Saat saya berkomentar panjang mengenai pengalamannya ke dokter kecantikkan. Kadang menjadi cantik itu butuh keberanian menahan perih. Itu baru ingin cantik, nah kalau ingin awet muda bagaimana ?

Ada banyak cara untuk menjadi awet muda. Sebagian orang merelakan jutaan rupian untuk membuatnya terlihat awet muda. Mulai dari menggunakan produk-produk kecantikan anti ageing sampai dengan mengkonsumsi suplemen tertentu. Atau bahkan operasi plastik yang menelan biaya berjuta-juta. Cara terakhir ini tentu tidak akan pernah saya coba, sawah siapa yang akan saya jual untuk biaya operasi plastik itu.

Ingatan saya langsung tertuju pada seseorang. Sekretaris di kantor saya waktu itu. Beberapa tahun yang lalu saya pernah sedemikian penasaran dengan umurnya. Waktu pertama kenalan saya menyapa dia dengan "mbak". Perkiraan saya, dia berusia tigapuluhan. Paling banter 40 tahun. Mbak sekretaris itu senyum-senyum saja, dan bilang kalau anaknya sudah tiga. Well...anak tiga kalo masih balita juga kan berarti masih muda juga. Saya masih berprasangka baik. Tapi, dia melanjutkan lagi, "Anak saya yang pertama sudah punya anak, jadi sekarang saya sudah punya cucu."
Spontan saya melongo. Melongo. Melongo betulan. Kok bisa ?

Baiklah, saya deskripsikan mbak sekretaris itu. Kulitnya licin betul, terlihat masih kenyal. Mulus tanpa kerutan. Masih terlihat segar dan cantik, seperti mangga yang menggoda untuk dikuliti. Matanya pun selalu berbinar seperti remaja yang baru mengenal cinta.

Menyia-nyiakan seorang yang terlihat awet muda tanpa bertanya-tanya adalah kebodohan. Karena saya termasuk orang yang ingin awet muda juga. Pertanyaan-pertanyaan nyinyir saya kemudian adalah mengenai produk apa yang dipakainya, ke klinik mana dia berkunjung, ke dokter siapa dia berkonsultasi. Semua pertanyaan nyinyir itu cuma dijawab dengan gelengan kepala saja. So ?

"Resepnya gampang kok" katanya ringan. "Cukup dengan rajin bangun pagi, sempatkan untuk olah raga." Dia melanjutkan dengan santai. Saya memang ingin awet muda, tapi bangun pagi ? Olah raga pagi ? Setiap hari pula. Aduh. Entahlah, kadang kasur begitu menggoda untuk ditiduri berlama-lama.

Selain itu, mbak sekretaris juga selalu meluangkan waktu selama 15 menit untuk senam wajah. Senam wajah dilakukannya di depan cermin, dengan cara mengucapkan huruf-huruf vokal A, I, U, E, O, dengan membuka mulut lebar-lebar. Gerakkan ini bagus untuk meregangkan otot-otot wajah. Senam wajah bisa juga jadi penyaluran kalau sedang ingin ngomel-ngomel.

"Tapi, yang lebih penting, mbak...." mbak sekretaris menyuruh saya menggaris bawahi tips yang ini :
"adalah....sabar dan berkepala dingin. Biar tidak stress dan gampang terpancing emosinya. Nah, yang ini yang paling ampuh." Saya manggut-manggut. Tips terakhir memang murah, tapi gampang-gampang susah untuk dilakukan.

Oya, ternyata usia mbak sekretaris itu sudah kepala lima. Sejak tahu itu, saya langsung memanggilnya dengan Ibu.

Tambahan :
resep awet muda yang lain adalah :
1. Rajin mengkonsumsi sayuran dan jus buah
2. Nggak males mengolesi wajah dengan minyak zaitun sebelum tidur.

Mari mencoba

gambar dari :
http://www.allposters.com/-sp/Jumper-and-Flower-Brooch-Posters_i1877711_.htm

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

16 komentar: on "Awet Muda"

Sari mengatakan...

Nyoba ahhhh :P
Twenks tips2nya...
Jadi inget kalo udah kelamaan libur senam aerobic *kangen*

ivan kavalera mengatakan...

Wah, mantap. Makasih ya infonya.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah, senam muka ya...ntar dicoba dhe. btw, lam kenal juga. makasih dah ke blog aku ya.

Henny Y.Caprestya mengatakan...

sip!
mari dicoba..

namaku wendy mengatakan...

olah raganya berapa jam mbak, senam mukanya juga sebaiknya berapa lama?
katanya menurut buku yg wen baca buah itu lebih bagus kalo dimakan langsung daripada dijus loh ^_^

rizky mengatakan...

kgk seberapa percaya shi.. namun blh tu jika di coba :D

mocca_chi mengatakan...

coba ahh *juga mau awet muda*

Rumah Ide dan Cerita mengatakan...

Wah mo cantik ternyata perlu kerja keras juga ya ?
Btw saya dah follow, follow me to ya (mengharap)haha..

ivan kavalera mengatakan...

met weekend, mbak.

Inuel ^_^ mengatakan...

wahhhhhhh , boleh thu coba, biar awet muda tyus, kehehhe, sabar yah intinya hikz...semoga aku selalu sabar :)

Gendhis mengatakan...

Weeww, lima puluh tahun tapi masi seger, keren tuh!! *Jadi semangat bangun pagi nih...* :D

Salam kenal, gw link yah?!

lina mengatakan...

Sari : wah mbak sari mantap ni, aerobikan. ayo, mulai senam lagi. biar sehat. hehehe...

ivan kavalera : thx ivan, sama-sama.

sang cerpenis : iyah, kata mbak sekretaris senam muka.

henny : yukkk

mbak wendy : kata mbak sekretaris itu 15 menit aja cukup kok. wah, makasi infonya mbak wen, kalo bisa dimakan mentah lebih enak deh. gak usah ngejus.

rizky : yah, itu pengalaman mbak sekretaris sih. tapi ya gak tau sih...validasinya.

mocha_chi : tar hasilnya kasi tau ya...whehehe

rumah ide dan cerita : udah difollow...thx, eniwei

inuel: nah, tu dia....sabar

gendhis : semangat gendhis !!!

Rava mengatakan...

Aduh..aduh..koq semuanya susah diterapkan yah...tapi aku mau banget awet muda...mauuuu bangeeett...

attayaya mengatakan...

bangun pagi???
aaaaaarrrgggghhhh

tapi patut dicoba

bibicriwis mengatakan...

Thanks untuk tipsnya ya..
Sangat bermanfaat. Karena jujur, saya juga ingin awet muda... :P

silvi silviani mengatakan...

makasih gan infonya

Posting Komentar

Ingin berbagi opini, atau saran, atau kritik, atau nasehat....silakan sampaikan di sini. Terima kasih atas apresiasinya. Salam hangat selalu dari Lina. Oya, untuk lebih memudahkan berkomentar, gunakan Opera ya.