Blog ini...

sering gonta-ganti templete dan berisi cerita penting nggak penting saat terkena atau tidak terkena badai hormonal

Jumat, 29 Januari 2010

Being Single


Jaman memang sudah bergeser jauh. Dua dekade yang lalu, orang tua akan gelisah jika anak gadisnya yang berusia nyaris duapuluh belum juga menikah. Lantas mereka akan berusaha untuk mencarikan jodoh. Upaya mencarikan jodoh tidak hanya berhenti sekedar menemukan saja, tetapi juga berusaha sekuat tenaga supaya perjodohan itu sampai ke pelaminan.
Sekarang, wanita lebih memiliki kebebasan untuk menentukan kapan mereka akan menikah. Umur bukan lagi menjadi ukuran. Apa salahnya umur 30 masih melajang, jika memang belum tiba waktunya menikah. Istilah perawan tua sudah tidak lagi relevan. Pemikiran orang sudah semakin terbuka.
Ya, seperti rejeki dan kesehatan, jodoh itu memang urusan Tuhan. Kita tidak akan pernah dapat uang tanpa bekerja, namun jumlah rejeki yang kita terima sama sekali kita tak akan tahu besarannya. Oke, gaji bulanan memang pasti segitu, bagaimana dengan penghasilan lain yang kita peroleh, misalnya dari uang bonus atau insentif. Jumlahnya selalu menjadi kejutan. Sama halnya dengan jodoh, kita sudah berusaha memperbaiki diri, memperluas pergaulan, meningkatkan ketakwaan, tetapi kita sama sekali tidak tahu kapan The Right One itu akan datang melamar.
Saat masih kuliah atau sekolah, mungkin kita pernah membuat target nilai, lalu kita berusaha. Hasilnya bisa jadi nilai kita melebihi atau malah kurang dari target itu. Biasanya tidak terlalu jauh jika usaha yang kita lakukan setara dengan target yang ingin diraih. Menikah tidak sekedar membuat target dan berusaha. Menikah adalah masalah menemukan waktu yang tepat dengan orang yang tepat. Tidak bisa diburu-buru, pun tidak bisa diperlambat. Rasulullah mengatakan kepada seorang pemuda bahwa jika memang dia sudah siap lahir dan batin, maka bersegeralah menikah. Namun jika belum, maka berpuasalah. Adakah di sana Rasul menyebutkan masalah umur ?
Jadi, selagi masih menunggu giliran sambil terus berusaha, apa salahnya menikmati masa lajang. Ada banyak hal yang bisa dilakukan saat kita belum menikah. Lupakan saja pertanyaan orang-orang tentang kapan menikah. Percayalah pertanyaan itu tak akan ada hentinya. Seperti yang di iklan itu....


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

46 komentar: on "Being Single"

Lina mengatakan...

gara-gara sepupu mw dijodohin ni, jadi nulis yang begini.

evana basri mengatakan...

untung aku dulu gak ditanya-tanya terus sama ortu.. alhamdulillah deh gak separah iklan TV itu hehe.. semua orang emang berhak memilih. Tapi.. kalo dijodohin dan siapa tau cocok, yo ra popo lin hehehe

eka mengatakan...

Single. double, triple?
Semua punya alasan. Semua punya kebutuhan. Semua punya kelebihan-kekurangan. :)

kosong mengatakan...

wakakakaka yang belum nikah tenang ajah kan jodfoh ditangan NYA

Sari mengatakan...

Aku termasuk yang masih single di usia yang kebayakan temenku udah punya anak 2 hehehe
Jodoh itu misteri, ga bisa kayak kerjaan yang bisa kita selesein kalo udah deadline. Sepenuhnya hak Tuhan ngatur perjodohan.

Lina mengatakan...

evana basri :
kalau cocok sih nggak papa va, malah untung nggak harus cari sendiri. hehehe

eka :
sepakat

kosong :
sepakat juga

Lina mengatakan...

Sari ;
bener mbak. dannnn, selagi masih single ada banyak hal menarik yang bisa dikerjakan. ladies nite saat weekend misalnya. atauuu, jalan-jalan kemana aja. nggak ada yang nglarang. hehe

Blogger Bumi Lasinrang mengatakan...

wah kirain anda yang single

Dhe mengatakan...

Yup!! betul lin.. Smua dah diatur ama Tuhan. Tinggal kita jalani ajah. selagi single, lakuin apa yang bwt kita ngerasa happy. single jg ga bwt qt bermuram durja kok ^^

*kok templatenya kayaknya baru yah?? wkeekke

Elsa mengatakan...

wah postingan yang somehow menghiburku banget...

pandaya mengatakan...

like this quote :
menikah tidak bisa diburu2 ataupun diperlambat
saya percaya smua akn indah pada waktunya :)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

setujuuu...kenapa harus pusing dg status lajang? daripada menikah dg orang yg salah dan bikin hidup susah, hati gundah? hi hi hi....being single, why not?

Abi Sabila mengatakan...

jodoh sudah diatur Allah, saya yakin itu, sebagaimana saya mantap dan yakin menjalani rumah tangga di usia muda.

Pohonku Sepi Sendiri mengatakan...

yup, namanya misteri ilahi.. seperti layaknya rejeki dan kematian, akan mendatangi kita tanpa pernah bisa kita duga..

Henny Y.Wijaya mengatakan...

bener..masa lajang memang harus dinikmati, jangan lupa mencari bibit pasangan masa depan. hihihi. trus kalo udah dapet yang klop, langsung deh!

Penikmat Buku mengatakan...

yup...pertanyaan "kapan" tak akan pernah ada habisnya...so, enjoy your life ^^

referensiregistrasi mengatakan...

Rejeki, jodoh dan maut memang di tangan yang maha kuasa. Namun hal itu bukanlah menjadi penghalang untuk kita berusaha, bekerja dan beribadah. Kita hanya berusaha, berdoa dan bertawakkal.

Jika sudah tiba waktunya, niscaya hal itu tidak akan dipercepat maupun diperlambat. Apakah hal itu??? hehehe....

Lina Gustina mengatakan...

setuju banget Lin. Tapi kalo sudah 30+ dan belum ada calon juga, rasa resah pasti datang. Saya punya adik ipar yang kondisinya seperti ini, semua kakaknya ikut resah...

desieria mengatakan...

wah sepupu mau dijodohin? terus dianya setuju?
iya betuul nikmati masa lajang sebelum beberapa kebebasan terenggut nanti pas nikah.
Menikahlah saat sial lahir batin, aku setuju banget hehe

hari Lazuardi mengatakan...

Seperti iklan di TV, wah aku koq ga tahu ya, hehe..ketahuan dech jarang ngliat TV..

Bill Belajar SEO mengatakan...

kapan kalian nikah? kapan kalian punya anak? kapan ya dikasih adek? wkwkwkwkwk...

cozyeslife mengatakan...

ayooooooo cari jodoh...... aku ikut...........

sista ada award monggo di ambil

putri ayuningtyas mengatakan...

Nice post.

aku sama orang tua di suruh single.. hihih. hrus konsen kuliah dlu smpe kelar.

single ternyata lebih enak. :) . btw, salam kenal ya

bee mengatakan...

I am single, i am very happy :D


with love
Liza

pelangi anak mengatakan...

IYA JODOH ITU MISTERY, KAMI SUDAH MEMBUKTIKANNYA HE HE HE ... TAHU-TAHU DAPAT LAMARAN DAN OKE!

bang ciwir mengatakan...

nikmati masa lajangmu, sebelum masa nikahmu
begtiu ya kira2 pesannya
wehehehe

ice blended vanilla mengatakan...

setuju bgt... cewe sekarang harus mandiri... g masalah nynmmpe umur 30 lajang... yang penting girl power...!!!

ninneta mengatakan...

emaang tuh... kadang susah juga sih.. yang bikin masalah adalah opini publik yang susah dilawan orang tua. Padahal menikah itu bukan untuk membahagiakan orang tua loh...

Muhammad Dadan Suryana mengatakan...

Emang jaman sudah banyak berubah. Tapi biar terlambat kalo bisa kita mesti nikah. Sunah Rosul. :P

mastein mengatakan...

nuansa curcol menggantung di udara :p

Linda Belle mengatakan...

it's a mistery...
we cant do anything for this same like me who's hoping for a child almost 4 years hehe..
jadiii...being single is not a crime just enjoy it :D

kebvo kecil mengatakan...

setuju mba...
tapi alhamdulillah...arang tua saia bukan tipe orang yang sering bertanya2 seperti itu..
let it flow ajah kata mereka :D

Fayza Hiqmah mengatakan...

hehe...kek postingan saya yang itu ya..^^

btw, mbak Lin..sori ya awardnya lum dikerjain... lagi sibuk ni.. sibuk menunggu dan ditunggu..hehe..:P

duapuluhempatjanuari mengatakan...

single itu berat ... menguras tenaga habis-habisan ... apalagi kalo sampe tiga set, capeeek! *lha kok ngomongin badminton, hehehe*

yaah, namanya jg jodoh ... only heaven knows :)

utamimutiara mengatakan...

wah,,mba lina emang paling oke kalo udah ngracik kata2,,hhoho...setuju mba..santai aja ya kan..

anyin mengatakan...

jadi ingat novel-novel ciklit niiih.. halo mbak linaaaaa :D

kosong mengatakan...

mana yang baru mbak tulisanya?

QueeniieAngeLa mengatakan...

aku benar-benar penganut faham "being single and very happy". independent dan eksplorasi tanpa henti adalah bagian menarik ketika menjadi single!! nggak tau deh kapan gw nikah. nampak terlalu hanyut dengan kondisi yang super nyaman sekarang! #halah #curcol hahahahaha

jabon mengatakan...

@QueeniieAngeLa
wah jangan single terus dong... huehuee

Blogger Jawa Tengah mengatakan...

@jabon
PDKT nih yeeee

Jabon mengatakan...

@blogger jateng
rencananya sih gituu

obat herbal sinusitis mengatakan...

ikut menyimak artikelnya gan

obat herbal kolesterol mengatakan...

kunjungan sore gan

Posting Komentar

Ingin berbagi opini, atau saran, atau kritik, atau nasehat....silakan sampaikan di sini. Terima kasih atas apresiasinya. Salam hangat selalu dari Lina. Oya, untuk lebih memudahkan berkomentar, gunakan Opera ya.